Tips Jitu Jaga Produktivitas Kerja

Kurangnya konsentrasi saat pekerjaan dikantor menumpuk adalah salah satu hal yang membuat pekerjaan sulit untuk diselesaikan, tentu hal ini pun sudah pasti akan menurunkan produktivitas Anda saat bekerja. Berikut 5 tips guna membantu konsentrasi Anda tetap terjaga sepanjang hari melansir laman Payscale.

1. Buat skala prioritas
Buatlah skala prioritas, mana yang lebih penting dan mendesak untuk dikerjakan. Lalu selesaikan pekerjaan tersebut hingga selesai.

Jangan takut untuk mendelegasikan tugas-tugas lainnya kepada orang lain, dan jangan biarkan tugas kecil menghambat tujuan Anda.

2. Minimalkan gangguan
Jika Anda sulit fokus di lingkungan yang bising, gunakanlah penyumbat telinga atau mendengarkan musik yang dapat meningkatkan konsentrasi. Saat bekerja cobalah berganti lokasi untuk merubah suasana dan lihat apakah Anda lebih produktif dalam kondisi tertentu.

3. Istirahatkan otak sejenak
Otak Anda membutuhkan istirahat, jadi biarkan rehat barang beberapa menit, cobalah untuk berjalan- jalan di seputaran kantor. Bahkan, Profesor K Anders Ericsson di Florida State University melakukan penelitian dan menemukan bahwa "Saat bekerja istirahatkan otak Anda setiap 90 menit sekali, hal itu ternyata menjadi resep untuk memaksimalkan produktivitas."

4. Waktu adalah kunci
Banyak orang kewalahan dengan pekerjaan yang begitu banyak, dan mereka menyerah sebelum mencoba, sehingga waktu terbuang, dan hanya melakukan sedikit pekerjaan.

Sebaliknya, cobalah hargai waktu - jangan sia-siakan, tidak satu menitpun. Pola pikir ini akan akan membuat Anda berpikir, memprioritaskan, dan melaksanakan tugas-tugas dengan cara yang lebih efisien.

5. Hargai diri
Sebuah hadiah dapat menjadi motivasi dalam menyelesaikan sesuatu. Hadiah dapat berupa barang mewah atau sederhana sesuai keinginan hati Anda. Pastikan hadiah itu cukup membuat Anda termotivasi.

Sumber: (vaa/liputan6/payscale)

0 Komentar

Biasakan membaca sebelum berkomentar