-->
HDktATREzHdiWlRgaooD09VOb3wMKFxZ7HVY8av3

6 tahapan untuk mendapatkan kartu prakerja

Kartu pra kerja berguna untuk memberi bantuan pelatihan vokasi kepada pencari kerja. Cara bikin kartu ini dijelaskan pada paragraf berikutnya, sebelumnya agar penerima mendapatkan apa yang diharapkan, anda perlu membuat persiapan, sehingga memenuhi syarat untuk mendapatkan kartu prakerja ini. Orang-orang yang dikategorikan pencari kerja adalah lulusan baru (fresh graduate), korban PHK, dan pekerja buruh aktif.

3 kriteria yang berhak untuk mendapatkan kartu prakerja:

  1. Orang Indonesai yang baru lulus sekolah namun belum bekerja
  2. Orang indonesia yang terkena PHK
  3. Orang Indonesia yang telah bekerja namun ingin mengembangkan diri.
Intinya, kartu pra-kerja diharapkan menjaring pencari kerja potensial untuk dikembangkan kapasitasnya hingga siap terjun dan diserap lapangan kerja.

Penting, masyarakat yang ingin mendaftar program Kartu Pra Kerja baru bisa dilaksanakan pada awal bulan depan April 2020.

Nominal Anggaran

Total anggaran yang dikeluarkan pemerintah untuk kartu pra-kerja ini mencapai Rp 10 triliun dengan target dua juta peserta.

2 Juta pencari kerja pemegang Kartu Pra Kerja ini nantinya akan diberi uang secara gratis sekitar 3,65 juta sampai 7,65 juta dengan rincian sebagai berikut :
  1. Biaya Pelatihan sekitar 3 sampai 7 juta
  2. Biaya Sertifikasi sekitar Rp 900.000,-
  3. Biaya Insentif-Pasca Pelatihan (Ini mungkin maksudnya buat makan sebelum pelatihan biar nggak mati di jalan) sekitar Rp 500.000,-
  4. Dan terakhir biaya Pengisian Survey sekitar Rp 150.000,- (okelah kita emang kalo ngisi survey online juga dibayar kan?
Nah, semua rincian tersebut merupakan biaya yang nantinya akan diberikan kepada 2 juta orang ya teman-teman. IYA, HANYA 2 JUTA ORANG PENCARI KERJA yang harus melalui proses seleksi macam masuk PTN loh.

Daftar dan syaratnya

Cara buat kartu prakerja dan bisa mendapat insentif dan pemerintah atau kemnaker, dengan mengurus baik secara online maupun offline.

1. Daftar di Website Kartu Prakerja

Penginputan Data dan Seleksi Online
Petugas Pengantar Kerja/Antar Kerja di Disnaker mendampingi peserta untuk mendaftar melalui website secara kolektif dan melakukan seleksi online berdasarkan kemampuan dasar dan motivasi.

2. Pilih Pelatihan

Memilih Pelatihan yang Disyaratkan Industri
Memilih pelatihan dari layanan SISNAKER dan bayar menggunakan saldo Kartu Prakerja maksimal Rp3.000.000 untuk online dan maksimal Rp7.000.000 untuk offline.

3. Mengikuti Pelatihan

Mengikuti Pelatihan di SISNAKER secara Online maupun Offline dan dapatkan sertifikat pelatihan dari lembaga.

4. Beri Ulasan & Rating

Ulasan dan Rating Terhadap Lembaga Pelatihan melalui SISNAKER setelah melakukan proses pelatihan.

5. Mendapatkan Insentif

Setelah Mengikuti Pelatihan, dapatkan insentif sebesar Rp500.000 dan akan ditransfer dalam 3 tahap ke saldo Kartu Prakerja.

6. Survei Kebekerjaan

Survei yang ditanyakan dalam 3 tahap dengan insentif pengisian survei sebesar Rp150.000 sebagai feedback efektivitas program, kesesuaian pelatihan dan penempatan kerja, dll.

Referensi: tirto.id dan prakerja.kemnaker.go.id

1 komentar

  1. Saya sudah daftar dan masuk tahap gelombang tapi sampai saat ini di evaluasi terus
    Saya korban PHK gara gara covid 19
    Tpi mana

    BalasHapus
Biasakan membaca sebelum berkomentar